Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Belajar Forex Gratis

Ketika Plak Gigi Merusak Senyum Manismu

Farmasi - Tahukah Kamu jika permukaan gigimu tidak benar-benar bersih walaupun Kamu sudah menyikat gigi dengan rutin? Saat kita selesai menyikat gigi, lapisan tipis yang disebut dengan biofilm akan segera terbentuk. Lapisan ini memang mengandung mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi.
Plak Gigi

Selain mengganggu penampilan senyummu, hadirnya plak gigi juga membuat gusi di daerah leher gigi meradang. Gusi yang berada di dekat plak gigi akan lebih merah dan bengkak dibandingkan daerah gusi di bawahnya. Bukan cuma itu, plak gigi juga menyebabkan gusi mudah berdarah dan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Lalu, bagaimana solusinya? Tenang, karen ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mencegah penumpukan plak, berikut caranya.

1. Rajin Sikat Gigi

Memang menyikat gigi cukup dilakukan satu kali dalam sehari, tapi akan lebih baik jika dilakukan dua kali sehari. Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi bersikat lunak dan pasta gigi yang mengandung fluorida. Pastikan juga untuk menjangkau semua bagian di dalam mulut, yaitu gigi, gusi, lidah, dan pipi bagian dalam.

2. Bersihkan Sela-sela gigi

Walaupun sulit dilakukan, tapi pembersihan sela-sela gigi setiap hari memiliki dampak penting kepada kesehatan gigi.Jika kesulitan melakukannya, Kamu bisa bertanya kepada dokter gigi tentang sikat antargigi, floss, atau peralatan floss air atau angin.

3. Jangan Lupakan Pembilas Mulut

Tunggu dulu, pertama-tama Kamu harus bisa membedakan pembilas mulut (mouth rinse) dengan pencuci mulut (mouthwash). Jika pencuci mulut digunakan untuk menyegarkan nafas, pembilas antiseptik dapat membantu mengurangi kandungan bakteri pada plak.
Kamu bisa menggunakan pembilas mulut dengan berkumur selama 30 detik untuk mencegah pembentukan plak selain sekedar menyikat dan flossing.

4. Kurangi Makanan Bergula

Makanan yang mengandung gula memang akan membahayakan kesehatan gigi. Selain itu, makanan yang bertekstur lengket juga akan sulit untuk terlepas dari gigi dan akan menimbulkan kuman. Padahal jika gula tidak dibersihkan dari gigi segera sesudah makan, plak akan menggunakannya untuk menciptakan pembusukan gigi.

5. Periksa ke Dokter Gigi

Jangan anggap sepele permasalahan gigi Kamu, periksakan kesehatan gigimu ke dokter gigi secara teratur. Cukup dua kali dalam setahun, Kamu bisa mengatasi dengan cepat masalah kesehatan gigi Kamu.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Telah Berbagi & God Bless

Custom Search